Hakim Ziyech Pensiun Dari Timnas Maroko

By ommed


nusakini.com - Perseteruan antara pelatih Maroko, Vahid Halilhodzic, dan Hakim Ziyech menjelang Piala Afrika 2021 berujung drama setelah penyerang sayap Chelsea tersebut memutuskan pensiun dari tim nasional.

Halilhodzic dan Ziyech beberapa kali terlibat adu argumentasi, baik secara pribadi maupun ke ranah publik. Halilhodzic memutuskan tidak memasukkan nama Ziyech ke dalam skuad untuk Piala Afrika 2021 dengan alasan sang pemain tidak bisa menjadi panutan.

Sang pelatih menyebutkan Ziyech pura-pura cedera, sehingga tidak mau memperkuat Maroko di pertandingan uji coba melalui pesan singkat. Namun berdasarkan pemeriksaan tim medis, kondisi Ziyech sangat bagus. Menurut Halilhodzic, seorang pemain tim nasional seharusnya menjadi panutan, dan menyebutkan Ziyech sering terlambat mengikuti latihan.

Ziyech saat ini berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), bersama Chelsea untuk melakoni Piala Dunia Antar-Klub. Pernyataan mundur itu disampaikan Ziyech dengan media di UEA.

“Jelas saya memahami mereka (fans), tetapi saya tidak akan kembali ke tim nasional. Ini keputusan akhir saya. Semuanya jelas bagi saya bagaimana keadaan di sana. Saya fokus pada apa yang saya lakukan, dan saat ini adalah klub saya,” tegas Ziyech dinukil dari akun Twitter ADSportsTV.


Ziyech mengakui dirinya merasa kecewa tidak dipanggil ke tim nasional saat Piala Afrika 2021. Kendati demikian, ia tetap menarup hormat terhadap keputusan yang diambil Halilhodzic.

“Tentu saja, siapa yang tidak [kecewa]. Tetapi pada akhirnya itu adalah keputusan yang dia buat, dan Anda harus menghormatinya. Namun di sisi lain, jika semua kebohongan menyertainya, itu jelas bagi saya,” cetus Ziyech.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tidak akan kembali ke tim nasional. Saya mengerti, dan saya minta maaf kepada mereka (fans).”

Belum diketahui apakan keputusan ini hanya berlaku selama Halilhodzic masih menangani Maroko atau tidak. Kendati demikian, untuk saat ini Ziyech sudah menyampaikan keputusannya mengenai pensiun dari tim nasional.


Ziyech menjadi bagian timnas Maroko pada 2018 setelah sebelumnya memperkuat timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21. Dalam 40 penampilannya bersama Maroko, Ziyech telah melesakkan 17 gol.

Pemain berusia 28 tahun ini terakhir kali memprkuat Maroko dalam pertandingan uji coba melawan Burkina Faso pada Juni 2021. Saat itu, Maroko memetik kemenangan tipis 1-0. (gi/om)